Kamis, 17 Desember 2015

Hasil Penelitian Rijal al-Hadis (Ibn Majjah 710)



A.    Teks Hadis, Terjemahan, dan Jalur Sanad
Sumber            :Ibnu Majah
Kitab               :Adzan dan sunah yang ada di dalamnya
Bab                  :Apa yang diucapkan jika muadzin mengumandangkan adzan
No. Hadist       :710

حَدَّثَنَا أَبُو إِسْحَقَ الشَّافِعِيُّ إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ الْعَبَّاسِ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ رَجَاءٍ الْمَكِّيُّ عَنْ عَبَّادِ بْنِ إِسْحَقَ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيَّبِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَذَّنَ الْمُؤَذِّنُ فَقُولُوا مِثْلَ قَوْلِهِ
(سنن ابن ماجه)

Artinya:
Telah menceritakan kepada kami Abu Ishaq As-Syafi'i Ibrahim bin Muhammad bin Al-'Abbas telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Raja` Al-Makki dari 'Abbad bin Ishaq dari Ibnu Syihab dari Sa'id bin Al-Musayyab dari Abu Hurairah ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Apabila seorang muadzin mengumandangkan adzan maka ucapkanlah seperti ucapannya."[1]

Untuk melihat keshahihan sebuah hadis, kaidah ilmu hadis menyatakan bahwa yang pertama kali perlu diteliti adalah sanadnya. Bila sanadnya dinyatakan shahih, barulah matan-nya bisa diperhatikan. Bila tidak, maka matannya dipandang tidak shahih lagi. Untuk menguji keshahihan sanad hadis di atas, berikut ini akan ditelusuri identitas para perawinya.

Adapun jalur sanadnya adalah:
Nabi Saw.→Abu Hurairah→Sa'id bin Al-Musayyab→Ibnu Syihab→'Abbad bin Ishaq→ Abdullah bin Raja` Al-Makki→Abu Ishaq As-Syafi'i Ibrahim bin Muhammad bin Al-'Abbas→Ibn Majjah.[2]

B. Biografi Singkat Para Rawi
1. Abu Hurairah (w.57 H)
Nama lengkapnya adalah Abdurrahman bin Shakhr, nama julukannya adalah Abu Hurairah dan memiliki nama masyhur Abu Hurairah ad-Dausi, bertempat tinggal di daerah Yaman, termasuk dalam thabaqah yang pertama, yaitu seorang shahabat terpandang yang memiliki nasab ad-Dausi dan al-Yamani, dan beliau wafat tahun 57 H. [3]Dari sumber lain menyebutkan bahwa nama lengkap beliau iala Abu Hurairah Ad-Dausi al-Yamani, Sahabat Rasulullah Saw, dan salah satu dari sahabat penghafal hadis. Terdapat perbedaan yang banyak mengenai namanya dan nama ayahnya. Ada yang mengatakan namanya Abdurrahman Bin Shakhr, Abdurrahman bin Ghanm, Abdullah bin ’Aidz, Abdullah bin Amir, Abdullah bin Amr, Sukain bin Dzumah, Sukain bin Hani’, Sukain bin Tsurmul, Sukain bin Shakhr, Amir bin Abd Syams, Amir bin Umair, Yazid bin Asyriqah, Abd Nahm, Abd Syams, Ghanm, Ubaid bin Ghanm, ‘Amru bin Amir, Sa’id bin Harits, dan lain sebagainya.[4]
Hisyam bin Muhammad Kalabi berkata, namanya adalah Umair bin Amir bin Amir bin Dzay al-Syaray bin Thorif bin ’Iyan bin Abi So’ib bin Hunayah bin Sa’ad bin Tsa’labah bin Sulaim bin Fahm bin Ghanm bin Daus bin Udatsan bin Abdullah bin Zahran bin Ka’ab bin Harits bin Ka’ab bin Abdullah bin Malik bin Malik bin Nashr Azid. Selain itu,  khalifah berkata di dalam nasabnya Abu Hurairah, bahwa Atab sebagai ganti dari nama ’Iyan dan Munbah sebagai ganti nama Hunayah.[5]
Nama Abu Hurairah pada zaman Jahiliyah adalah Abdu Syams dan nama kunyahnya adalah Abu al Aswad; Rasulullah Saw memberi nama Abu Hurairah dengan ‘Abdullah dan memberi nama julukan, yaitu Abu Hurairah. Dikatakan Abu Hurairah karena beliau suka membawa anak kucing yang selalu dibawa kemana-mana. Adapun nama ibunya adalah Maimunah binti Shakhr. [6]
Selain berguru kepada Nabi Saw, ia juga berguru kepada shahabat-shahabat lain, antara lain Abu Bakar al-Shiddiq, ’Umar bin Khathab, Al-Fadl bin ’Abbas bin ’Abdul Muthallib, Ubay bin Ka’ab, Usamah bin Zaid, ’Aisyah, Ka’ab al-Akbar, Nadlroh bin Abi Nadlroh al-Ghifari, Bilal bin Rabah, dan lain sebagainya. Beberapa orang yang berguru kepadanya antara lain Ibn Abbas, Ibn Umar, Jabir bin Abdullah bin Amr, Harmalah Maula Usamah, al-Hasan bin Abi Hasan, Salim bin Abudllah, Sa’id bin al-Musayyab, Sulaiman bin Yasar, Abul Khubab Sa’id bin Yasar, Mujahid Ibn Sirin, Amir bin Sa’ad bin Abi Waqash, Nafi', Hafs Ibn ’Ashim, Hamid Ibn ’Abdir Rahman az-Zuhri, Abul Ghaits, Abu Hazim Salman al-Asyja’iyy, Salim, Ikrimah, ’Urwah, ’Atho’, dan lain-lain. [7]
Menurut Imam Bukhari banyak perawi yang meriwayatkan hadits dari Abu Hurairah, kira-kira delapan ratus orang atau lebih dari kalangan ahli ilmu, sahabat-sahabat Nabi serta tabi’in dan lain-lain. [8] Abu Hurairah adalah seorang sahabat yang paling dekat dengan Nabi Saw, sehingga tidak perlu dipersoalkan lagi mengenai keadilan para sahabat atau kredibilitasnya.

2. Sa'id bin Al Musayyab (w. 92 H)
Nama lengkapnya adalah Said bin al-Musayyab bin Hazan bin Abi Wahab al-Makhzumi al-Quraisy[9] (Said bin Al-Musayyab bin Hazan bin Abi Wahab bin ‘Amru bin A’id bin Imran bin Makhzum Al-Qurasy Al-Mahzumi Al-Madani).[10] Ia lahir pada tahun 17 H, julukannya Abu Muhammad, nama laqab Ibn Abi Wahab dan memiliki nama masyhur Sa’id bin al-Musayyab al-Quraisy. Said bin Al-Musayyab dilahirkan saat dua tahun berjalannya khilafah Umar bin Khattab, namun ada yang mengatakan empat tahun. Ia termasuk dalam thabaqah kedua (tabi’in) yang ahli dalam bidang fiqh dan merupakan salah satu dari ulama fuqaha besar yang berpengaruh. Ia merupakan penghulu atau pembesar para tabi’in, tinggal di Madinah hingga meninggal di sana tahun 92 H ketika berusia 75 tahun, dan memiliki nasab Quraisy, Makhzumi, dan al-Madani. Ia banyak belajar dari Ubai bin Ka’ab, Bilal maula (budaknya) Abu Bakar Ash-Shiddiq, Jabir bin ‘Abdillah, Hasan bin Tsabit, Abi Musa al-Asy’ari, Abu Hurairah, Aisyah, Fatimah, Ummu Salamah, dan lain-lain. Adapun murid-muridnya antara lain Ismail bin Umayah, Hasan bin ‘Athiah, Dawud bin ‘Asim bin Urwah bin Mas’ud Asy-Syaqofi, Zaid bin Aslam, Muhammad bin Muslim bin Syihab az-Zuhri, dan lain-lain.[11]
Terdapat beberapa komentar ulama terhadap Sa'id bin Al Musayyab, antara lain pendapat Malik bin Anas berkata, "Ikutilah pendapat Sa'id bin Al-Musayyab karena dialah guru dan pembesar kami", Qotadah berkata "Saya tidak menemukan seseorang yang lebih pandai dalam masalah halal dan haram dari Sa’id bin Musayyab", Abu Zur’ah ar-Razi berkata " seorang imam yang dapat dipercaya", Ahmad bin Abdullah al-‘Ajali berkata "seorang ahli fiqh yang sholeh", Ahmad bin Hanbal berkata "tabi’in paling utama dan tsiqah", Ali bin al-Madini menyatakan "aku tidak tahu di kalangan tabi’in ada orang yang luas ilmunya daripada dia, menurutku ia tabi’in terbesar", dan adz-Dzahabi berkata ”Tsiqah Hujjah”, dan lain-lain.[12]

3. Ibn Syihab (w.124 H)
Nama lengkapnya Muhammad bin Muslim bin ‘Ubaidillah bin ‘Abdillah bin Syihab bin Abdullah bin Al-Harits bin Zuhrah bin Kilab[13] (Muhammad bin Muslim bin ‘Abdillah bin Syihab bin ‘Abdillah bin Al-Harits bin Zuhrah bin Kitab bin Murrah bin Ka’ab bin Lu’ay bin Ghalib al-Quraisy az-Zuhri Abu Bakar al-Madani)[14], julukannya Abu Bakar, nama masyhurnya adalah Muhammad bin Syihab as-Zuhri, dan nama laqabnya adalah Ibn Syihab. Ia lahir pada tahun 52 H, bertempat tinggal di Syam dan Madinah, meninggal pada tahun 124 H di Sya’bad ketika berusia 72 tahun, dan memiliki nasab Quraisy, az-Zuhri, dan al-Madani. Ia termasuk dalam thabaqah keempat (tabi’ut tabi’in kalangan pertengahan) yang ahli dalam bidang fiqh.[15]
Beberapa orang yang pernah menjadi gurunya adalah Sa'id bin Al Musayyab, Alqamah bin Waqash, Katsir bin ‘Abas, ‘Ali bin Al Husain, Urwah bin Az-Zubair, Abu Idris Al-Kaulani, Abdul Malik bin Marwan, Salim bin Abdullah, Muhammad bin Nu`man bin Basyir, Abu Salamah bin Abdurrahman, dan yang lainnya. Sedangkan murid-muridnya antara lain Imam Malik, Al-Layts, Ibnu Abi Dza`ab, Zaid bin Aslam, Yahya bin Sa`id Al-Anshari, Atha` bin Abi Rabah,  Abdurrahman bin Ishaq (nama alias: 'Abbad bin Ishaq), dan lain-lain.[16]
Terdapat beberapa komentar ulama terhadap Ibn Syihab, antara lain Al-Laits bin Sa’ad berkata: Aku belum pernah melihat seorang alimpun yang lebih mumpuni dari pada Ibn Syihab az-Zuhri, Ibnu Hajar al-’Asqalani mengatakan ”faqih hafidz mutqin”, adz-Dzahabi berkata ”seorang tokoh”, Abu Abdullah al-Hakim berkata ”Tsiqah”, dan lain-lain. [17]
4. 'Abbad bin Ishaq (w.175 H)
Nama lengkapnya Abdurrahman bin Ishaq bin 'Abdullah bin Al-Harits bin Kinanah[18] (Abdurrahman bin Ishaq bin 'Abdullah bin Al-Harits bin Kinanah al-Quraisy al-’Amiriy al-Madani; Maula Bani Amir bin Luay, ada yang menyebutnya dengan ats-Tsaqafi, ’Abbad bin Ishaq. Ia saudara laki-laki Hisyam bin Ishaq bin Kinanah).[19] Nama masyhurnya adalah Abdurrahman bin Ishaq al-’Amiriy, bertempat tinggal di Bashrah dan Madinah, memiliki nasab Quraisy, ’Amiriy, al-Madani, dan Bashry. Ia termasuk dalam thabaqah keenam (Tabi'in paling akhir dan tidak jumpa shahabat), dan bermahdzab Qadariyah.[20]
Beberapa orang yang pernah menjadi gurunya adalah ayahnya Ishaq bin Abdullah bin Harits bin Kinanah, Hasan al-Bashri, Sa’id bin Ibrahim, Ishaq bin Abdullah bin Abu Talhah,Sa’id al-Maqburi, Shalih bin Kisan, Abdullah bin Dinar, Muhammad bin ‘Abdillah bin Muslim bin Syihab ibn az-Zuhri, dan yang lainnya. Sedangkan murid-muridnya antara lain abu Ishaq Ibrahim bin Muhammad bin Harits, Basyir bin Manshur, Kholid bin Abdullah, Abdullah bin Raja’ al-Makki, Sufyan bin Habib, dan lain-lain.[21]
Terdapat beberapa komentar ulama terhadap ’Abbad bin Ishaq, antara lain Yahya bin Ma’in berkata: Tsiqah, Ya’kub bin Syaibah mengatakan ”shalih”, Ya’kub bin Sufyan, Ahmad bin Syuaib an-Nasa’i, Muhammad bin Ishaq bin Khuzaimah berkata ”laisa bihi ba’s, Bukhori berkata ”Tsiqah”, Zakariya Yahya as-Saji berkata "shaduuq, tertuduh qadariyah", Ibn Hajar al-’Asqalani "shaduuq, tertuduh qadariyah", dan lain-lain. [22]

5. Abdullah bin Raja` Al Makki (w. 190 H)
Nama lengkapnya adalah Abdullah bin Raja’[23] (Abdullah bin Raja’ al-Makki Imran al-Bashry)[24]. Ia memiliki nama julukan Abu Imran, nama masyhur Abdullah bin Raja’ al-Makki,  dan bertempat tinggal di Makkah dan Bashrah. Ia termasuk dalam thabaqah kedelapan (tabi’u tabi’in pertengahan), meninggal pada tahun 190 H di Makkah dan memiliki nasab al-Makki dan Bashry.[25]
Ia banyak belajar dari guru-gutunya, yaitu Ismail bin Umayah, Ayub as-Syakhtiyani, Jarir bin Ayub, Ja’far bin Muhammad ash-Shadiq, Sufyan ats-Tsauri, Abdurrahman bin Ishaq al-Madani (’Abbad bin Ishaq), dan sebagainya. Adapun beberapa murid yang pernah belajar kepada Abdullah bin Raja’ adalah Ibrahim bin Basyar Ar-Ramadi, Ahmad bin Hanbal, Ishaq bin Ibrahim al-Hudzali, Ibrahim bin Muhammad asy-Syafi’i, Ishaq bin Abi Israil, Ishaq bin Kholid, Kholid bin Yusuf, dan lain-lain. [26]
Terdapat beberapa komentar ulama terhadap Abdullah bin Raja’, antara lain Abu Hatim ar-Razi berkata "Shaduuq", Yahya bin Ma’in berkata "Tsiqah", Abu Zur’ah ar-Razi berkata "Syaikh Shalih", Abu Hatim bin Hibban berkata "disebutkan dalam ats-tsiqat", Ibn Sa’ad berkata "Tsiqah", Ibnu Hajar al-Atsqalani menyatakan "Tsiqah", dan lain-lain. [27]
6. Abu Ishaq As Syafi'i Ibrahim bin Muhammad bin Al 'Abbas (w.237 H)
Nama lengkapnya adalah Ibrahim bin Muhammad bin ’Abbas bin Usman bin Syafi’i bin Sa’ib bin Ubaid bin Abd Yazid bin Hasyim bin Muthallib.[28] (Ibrahim bin Muhammad bin Abbas bin Utsman bin Syafi’i bin Sa’ib bin Ubaid bin Abd Yazid bin Hasyim bin Muthallib al-Quraisy al-Muthallib Abu Ishaq asy-Syafi’i al-Makki; anak laki-laki Imam Abi Abdullah Muhammad bin Idris asy-Syafi’i).[29]
Ia memiliki nama julukan Abu Ishaq, nama masyhurnya adalah Ibrahim bin Muhammad asy-Syafi’i,  tinggal di Makkah, dan bermahdzab Syafi’iyah. Ia termasuk dalam thabaqah kesepuluh (tabi'ul atba' kalangan tua), memiliki nasab Quraisy dan al-Makki dan wafat pada tahun 237 H. Ia banyak belajar dari guru-gurunya, yaitu Abdullah bin Raja’ al-Makki, Abi Umair al-Harits bin Umair, Hamid bin Yazid, Sufyan bin Uyainah, Dawud bin Abdurrahman, dan sebagainya. Adapun beberapa murid yang pernah belajar kepada Abu Ishaq as-Syafi’i adalah Ahmad bin Siyar al-Marazi, Abu Bakar Ahmad bin ‘Amru bin Abi Ashim, Ibn Majjah, Muhammad bin Muhammad bin Raja’, Muslim bin Hajjaj, Yahya bin Muhammad, dan lain-lain. [30]
Terdapat beberapa komentar ulama terhadap Abu Ishaq as-Syafi’i, antara lain pendapat Abu Hatim ar-Razi berkata, "Shaduuq", an-Nasa’i berkata "Tsiqah", ad-Daruquthni berkata "Tsiqah", Ibnu Hajar al-’Asqalani berkata "disebutkan dalam ats-tsiqaat", adz-Dzahabi berkata "Tsiqah", dan Shalih bin Muhammad menyatakan "Shaduuq", dan lain-lain. [31]

7. Ibn Majjah (w.273 H)
Nama lengkapnya adalah Abu Abdullah Muhammad Ibnu Yazid Ibnu Majjah Ruba’iy al-Qazwini al-Hafidz. Beliau lebih dikenal dengan nama Ibnu Majjah. Beliau lahir pada tahun 209 H. beliau meninggal tepat pada bulan Ramadhan tahun 273H. [32]
Ibnu Majjah pernah berguru kepada Ali Ibnu Muhammad al-Tanafasy, Jubarah ibnu al-Muglis, Hisyam ibnu Umar, Abu Ishaq asy-Syafi’i, Abu Bakar ibnu Abi Syaibah, Muhammad ibn Rumh, dan sebagainya. Sedangkan murid-murid beliau adalah Ibnu Sibawaih, Muhammad ibn Isa al-Abhari, Abu Hasan al-Qathan, dan lain-lain.[33]
Adapun penilaian ulama terhadap Ibnu Majjah yaitu, Abu Ya’la al-Khalili menilai bahwa Ibnu Majjah “dapat dipercaya”, abal Mizzi mengatakan bahwa Ibnu Majjah “seorang yang alim”. [34]

C. Kesimpulan
Dari kajian sanad di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa sanad hadis tentang ”Apa Yang Diucapkan Jika Muadzin Mengumandangkan Adzan” ini memenuhi syarat keshahihan sanad. Semua syarat keshahihan sanad telah dapat terpenuhi. Syarat-syarat keshahihan sanad ialah ketersambungan sanad (ittishal al-sanad), para perawinya kredibel (tsiqqahu al-ruwah), intelektualitas perawi (dhabtu al-ruwah). Semua rijal yang terlibat dalam periwayatan terbukti memiliki relasi sebagai guru-murid. Kredibilitas maupun intelektualitas mereka juga tidak perlu dilakukan lagi. Tidak ada seorang perawi pun yang berstatus dhaif. Tidak ada cela ('illat) pada para rijal tersebut.


[1] Software Lidwa 9 Imam Hadis
[2] (→): meriwayatkan kepada  
[3] Software Gwami’ El Kalem versi 4.5, edisi II, (UEA: Awqaf, t.th)
[4] Software Tahdzibul Kamal Abu al-Hajjaj (tk: Dar al-Fikr)
[5] Ibid
[6] Ibid
[7] Software Gwami’ El Kalem versi 4.5, edisi II, (UEA: Awqaf, t.th)
[8] Software Tahdzibul Kamal Abu al-Hajjaj (tk: Dar al-Fikr)
[9] Software Gwami’ El Kalem versi 4.5, edisi II, (UEA: Awqaf, t.th)
[10] Software Tahdzibul Kamal Abu al-Hajjaj (tk: Dar al-Fikr)
[11] Software Gwami’ El Kalem versi 4.5, edisi II, (UEA: Awqaf, t.th)
[12] Ibid
[13] Ibid
[14] Software Tahdzibul Kamal Abu al-Hajjaj (tk: Dar al-Fikr)
[15] Software Gwami’ El Kalem versi 4.5, edisi II, (UEA: Awqaf, t.th)
[16] Ibid
[17] Ibid
[18] Software Gwami’ El Kalem versi 4.5, edisi II, (UEA: Awqaf, t.th)
[19] Tahdzibul Kamal, Abu al-Hajjaj (Software Gwami’ El Kalem) (tk: Dar al-Fikr)
[20] Software Gwami’ El Kalem versi 4.5, edisi II, (UEA: Awqaf, t.th)
[21] Ibid
[22] Ibid
[23] Ibid
[24] Tahdzibul Kamal, Abu al-Hajjaj (Software Gwami’ El Kalem) (tk: Dar al-Fikr)
[25] Software Gwami’ El Kalem versi 4.5, edisi II, (UEA: Awqaf, t.th)
[26] Ibid
[27] Ibid
[28] Software Gwami’ El Kalem versi 4.5, edisi II, (UEA: Awqaf, t.th)
[29] Software Tahdzibul Kamal Abu al-Hajjaj (tk: Dar al-Fikr)
[30] Software Gwami’ El Kalem versi 4.5, edisi II, (UEA: Awqaf, t.th)
[31] Ibid
[32] Ibn Katsir, Bidayah wa al-Nihayah, jilid II (Beirut: Maktabah al-Ma’arif, 1996)
[33] Adz-Dzahabi, Siyar A’lam wa Al-Nubula, juz XVII (Beirut: ar-Risalah), hlm. 278
[34] Ibnu Hajar al-AsqalaniTahdzib al-Tahdzib, jilid IX (Beirut: dar al-Sadr), hlm. 457.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar