TAKHRIJ AL-HADIS
Hadis
Yang Akan Di Takhrij :
Hadis Bukhari : 2109
حَدَّثَنَا
يُوسُفُ بْنُ مُحَمَّدٍ قَالَ حَدَّثَنِي يَحْيَى بْنُ سُلَيْمٍ عَنْ إِسْمَاعِيلَ
بْنِ أُمَيَّةَ عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي سَعِيدٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ
اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ قَالَ
اللَّهُ تَعَالَى ثَلَاثَةٌ أَنَا خَصْمُهُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ رَجُلٌ أَعْطَى
بِي ثُمَّ غَدَرَ وَرَجُلٌ بَاعَ حُرًّا فَأَكَلَ ثَمَنَهُ وَرَجُلٌ اسْتَأْجَرَ
أَجِيرًا فَاسْتَوْفَى مِنْهُ وَلَمْ يُعْطِهِ أَجْرَهُ
Artinya :
Telah menceritakan kepada saya Yusuf bin Muhammad berkata, telah
menceritakan kepada saya Yahya bin Sulaim dari Isma'il bin Umayyah dari Sa'id
bin Abi Sa'id dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu dari Nabi shallallahu 'alaihi
wasallam bersabda: "Allah Ta'ala berfirman: Ada tiga jenis orang yag aku
berperang melawan mereka pada hari qiyamat, seseorang yang bersumpah atas
namaku lalu mengingkarinya, seseorang yang berjualan orang merdeka lalu memakan
(uang dari) harganya dan seseorang yang memperkerjakan pekerja kemudian pekerja
itu menyelesaikan pekerjaannya namun tidak dibayar upahnya".[1]
A.
Cara
Manual
a.
Ma’rifah
Awwali Lafdz min Matn al-Hadis / Mengetahui Awal Lafadz Hadis
الفَتْحُ الكَبِيْرُ
الجزء الثاني
((حرف الثاء)) : صفحة 52
4- (الفتح الكبير) – ىى
(ك) عن أبى هريرة . ثَلاَثةٌ أَنا خَصْمُهُمْ يَوْمَ القِيَامَةِ و مَنْ
كُنْتُ خَصْمَهُ خَصَمْتُهُ رَجُلٌ أعْطَي بِي ثمَّ غَدَرَ وَ رَجُلٌ باعَ حُرًّا
فَأَكَلَ ثَمَنَهُ وَ رَجُلٌ اسْتأْجَرَ أجِيرًا فاسْتَوْفَى مِنْهُ ولمْ يُوَفِّهِ
. [2]
b.
Ma’rifah
Juz’i min Matn al-Hadis / Mengetahui Sebagian Lafadz Hadis
المُعْجَم المُفَهْرَسُ
الجزء الرابع
: صفحة 460
[راجع أيضا الآثِمُ, عَاهَدَ **]غَدَرَ






v
خ بيوع 106 , إجارة 10

صَحِيحُ البُخَارِي
الإمام أبي عبدالله محمد بن أسماعيل
ابن إبراهيم بن المغيرة بن بردزبه
البخاري الجعفي
طبعة جديدة بالشكل الكامل
مرقمة الكتب والأبواب والأحاديث
(34) كتابُ البيُوع
106 – بابُ
أَثمِ مَن باَعَ حرًا
صفحة : 397
2227 – حدَّثني
بِشْرُبن مرحوم : حدثنا يحيى بن سليم , عن إسماعيل بن أمية , عن سعيد بن أبى سعيد
, عن أبى هريرة رضيى الله عنه , عن النبى ﷺ قال : قال الله : ثلاثة أنا خصمهم يوم القيامة : رجل أعطى بى ثم غدر,
و رجل باع حرا فاكل ثمنه , و ورجل استأجرأجيرا فاستوفى منه ولم يعته أجره .
[الحديث 2227 – طرفه في : 2270][4]
Artinya :
Telah menceritakan kepada saya Bisyir bin Marhum telah menceritakan
kepada kami Yahya bin Sulaim dari Isma'il bin Umayyah dari Sa'id bin Abi Sa'id
dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam
bersabda: "Allah Ta'ala berfirman: Ada tiga jenis orang yang Aku menjadi
musuh mereka pada hari qiyamat, seseorang yang bersumpah atas namaku lalu
mengingkarinya, seseorang yang menjual orang yang telah merdeka lalu memakan
(uang dari) harganya dan seseorang yang memperkerjakan pekerja kemudian pekerja
itu menyelesaikan pekerjaannya namun tidak dibayar upahnya"
(37) كتابُ الإجارة
10 – بابُ إِثْمِ مَنْ مَنَعَ أَجْرَ الأَجِيرِ
صفحة : 405
2270 – حدَّثنا يُوسُفُ بْنُ مُحَمَّدٍ قال حدّثنى يحيى بن سليم عن
إسماعيل بن أميّة عن سعيد بن أبى سعيد عن أبى هريرة رضى الله عنه عن النبى صلى
الله عليه و سلم قال ((قال الله تعالى : ثلاثة أنا خصمهم يوم القيامة : رجل أعطى
بى ثم غدر , و رجل باع حرًا فأكل ثمنه, و رجل استأجر أجيرًا فاستوفى , منه ولم
يعطه أجره )) [طرفه فى : 2227][5]
Artinya :
Telah menceritakan kepada saya Yusuf bin Muhammad berkata, telah
menceritakan kepada saya Yahya bin Sulaim dari Isma'il bin Umayyah dari Sa'id
bin Abi Sa'id dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu dari Nabi shallallahu 'alaihi
wasallam bersabda: "Allah Ta'ala berfirman: Ada tiga jenis orang yag aku
berperang melawan mereka pada hari qiyamat, seseorang yang bersumpah atas
namaku lalu mengingkarinya, seseorang yang berjualan orang merdeka lalu memakan
(uang dari) harganya dan seseorang yang memperkerjakan pekerja kemudian pekerja
itu menyelesaikan pekerjaannya namun tidak dibayar upahnya".
v
جه رهون 4

سنن ابن ماجة
الجزء الثانى
16 – كتاب الرهون : صفحة 816
(4) باب أجر الأجراء
2442 – حدّ ثنا سُوَيْدُ بْنُ سَعِيْدٍ . ثنا يَحْيَى بْنُ سَلِيْمٍ ,
عَنْ إِسْمَاعِيْلَ بْنِ أُمَيَّةَ , عَنْ سَعِيْدِ بْنِ أَبِى سَعِيْدٍ الْمَقْبُرِىِّ
, عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ , قَالَ : قَالَ رَسُولُ الله ﷺ ((ثَلَا ثَةٌ أَنَا خَصْمُهُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَ مَنْ كُنْتُ خَصْمَهُ
خَصَمْتُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ : رَجُلٌ أَعْطَى بىِ , ثُمَّ غَدَرَ . وَ رَجُلٌ
بَاعَ حُرًّا فَأَكَلَ ثَمَنَهُ . وَرَجُلٌ اسْتَأْجَرَأَ جِيْرًا , فَاسْتَوْفَى
مِنْهُ وَ لَمْ يُوْفِهِ أَجْرَهُ))[6]
Artinya :
Telah
menceritakan kepada kami Suwaid bin Sa'id berkata, telah menceritakan kepada
kami Yahya bin Sulim dari Isma'il bin Umayyah dari Sa'id bin Abu Sa'id Al
Maqburi dari Abu Hurairah ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi
wasallam bersabda: "Tiga orang yang akan menjadi musuhku pada hari kiamat,
dan barangsiapa aku sebagai lawannya, maka aku akan memusuhinya pada hari
kiamat; seorang laki-laki yang memberi dengan namaku tetapi dia berkhianat, seorang
laki-laki yang menjual orang merdeka kemudian dia memakan hasil penjualan, dan
seorang laki-laki yang menyewa pekerja, kemudian saat diminta pembayaran dia
tidak mau membayar upahnya."
v
حم 2 , 358

مسند الامام
احمد بن محمد بن حنبل
الجزء الثالث
صفحة : 40
8477 – حدَّثناعبدالله
, حدَثني أبي حدَثنا إسحاق , حدّثنا يحيى بن سلم سمعت إسماعيل بن أمية يحدث , عن
سعيد بن أبى سعيد المقبري , عن أبي هريرة قال : قال رَسُولُ الله ﷺ : ((قال الله
عزوجل : ثلاثة أنا خصمهم يومالقيمة و من كنت خصمه خصمته : رجل أعطى به ثم غدر , و
رجل باع حرًا فأكل ثمنه , و رجل استأجرأجيرًا فاستوفى منه و لم يوفه أجره))[7]
Artinya :
Telah menceritakan kepada kami Ishaq
telah menceritakan kepada kami Yahya bin Sulaim berkata; aku mendengar Isma'il
bin Umayyah menceritakan dari Sa'id bin Abi Sa'id Al Maqburi dari Abu Hurairah,
dia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Allah
Ta'ala berfirman: 'Tiga golongan yang Aku bersengketa dengan mereka pada hari
kiamat, dan siapa yang Aku bersengketa dengannya maka Aku akan memusuhinya;
seorang laki-laki yang memberi pemberian dengan nama-Ku kemudian ia
menyelisihinya, seorang laki-laki yang menjual orang merdeka kemudian ia
memakan hasil penjualannya dan seorang laki-laki yang menyewa seorang pekerja
lalu pekerja itu menepatinya tetapi laki-laki itu tidak menepati
bayarannya."
c.
Kajian
Tarikh ar-Ruwah
a.
Skema
Sanad[8]
Abdur Rahman bin Shakhr
![]() |

Isma'il bin
Umayyah bin 'Amru bin Sa'id bin Al 'Ash
![]() |
Yahya bin Sulaim
![]() |
Yusuf bin Muhammad
d.
Biografi
Rawi Hadis dan Penilaian Ulama Terhadap Rawi Hadis
موسوعة
الحديث الشريف كتب التسعة
الجزء الثانى
v Abdur- Rahman bin Shakhr
صفحة : 418
5211 – الاسم : عبدالرحمن بن صخر فى الكنى رضي
الله عنه .
الكنية : أبو هريرة
اللّقب : الدوسي اليماني
الوفاة : 57 أو58 أو 59 وله 87 سنة .
تهذيب الكمال : 2 / 795 . تهذيب التهذيب : 6 / 199
(401) تقريب التهذيب : 1 / 475 (981) . خلاصة تهذيب الكمال : 2/ 397 .
الكاشف : 2/ 169 . الجرح والتعديل : 5/ص 246 . أسىد الغابة : 6 / 318 . طبقات ابن
سعد : 4/52 . اسماء الصحابة الرواة : ت 1 . نقعة الصديان : ت 232 . ديوان الإسلام
: ت 2145 .
اختلف فى اسمه واسم أبيه فقيل : ابن غانم . وقيل : عبدالله بن عائذ .
وقيل : ابن غامر . وقيل : ابن عمرو . وقيل : سكين بن رزمة . وقيل : ابن هانىء .
وقيل : ثرمل . وقيل : ابن صخر . وقيل : عامر بن عبد شمس . وقيل : ابن عمير . وقيل
: يزيد بن عشرقة . وقيل : عبدنهم . وقيل : عب دشمس . وقيل :غنم . وقيل : عبيد بن
غنم .وقيل : عمروبن غنم . وقيل : ابن عامر . وقيل سعيد بن الحارث . هذاالذي وقفنا
عليه من الاختلاف فى ذلك ويقطع بأن عبد شمس وعبد نهم غير بعد أن أسلم .
واختلف فى أيهما أرجح . فذهب الأكثرون إلى الأول وذهب جمع من النسابين
إلى عمرو بن عامر .
الطبقة : الصحابة .
أخرج له : البخارى ومسلم وأبو داود والترمذي والنسائى وابن ماجة .
صحابي شهير غني عن التعريف له مناقب كثيرة وأخبار شهيرة وأحاديث جمة رضيالله
عنه .[9]
Nama Lengkap : Abdur Rahman bin Shakhr
Kalangan : Shahabat
Kuniyah : Abu Hurairah
Laqab : Al-Dausi al-Yamani
Negeri semasa hidup : Madinah
Wafat : 57 H /58H/59H
Ada
perbedaan pendapat mengenai nama beliau dan nama ayah beliau, ada yang
mengatakan “Ibnu Ghanim”, “Abdullah bin ‘Aidz”, “Ibnu Ghamir”,”Ibnu Amr”, “Sukain
bin Zurmah”, “Ibnu Hani’ ”,”Ibnu Tsurmul”, “Ibn Shakhr”, “ ‘Amir bin ‘Abdi
Syams”, “Ibnu Umair”, “Yazid bin Asyriqah”, “Abadnahum”, “Abd Syams”, ‘Ubaid
bin Ghanam”, “Ibnu Amir”, dan “Sa’id bin Harits”. Dari perbedaan pendapat
tersebut agar aman ada yang dihilangkan, yaitu Abd Shams dan Abdul lainnya. Dan berbeda
dalam menentukan mana yang paling mungkin. Mayoritas berpendapat dengan berangkat
dari nasab Amr bin Amer.
Murid beliau
adalah Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’iy, dan Ibnu Majah. Beliau
merupakan sahabat yang terkenal kaya, yang diketahui dari banyak kebajikan.
Berita dan ucapannya terkenal dengan Radhiallahu ‘anhu.
Komentar Ulama :
a.
Ibnu
Hajar al 'Asqalani : Shahabat
v Sa'id bin Abi Sa'id Kaisan
تهذيب التهذيب فى رجال الحديث
تأليف
إلامام الحافظ شهاب الدين أبى الفضل أحمد بن على بن محمد
الجزء الثانى
صفحة : 647
2733 – سعيد بن ابى سعيد (4) , واسمه : كيسان المقبرى , أبو سعد
المدنى (ع) .
وكان أبوه مكاتبا لا ملاأة من بنى ليث , والمقبرى نسبة إلى مقبرة
بالمدينة كان مجاورا لها .
روى عن : سعد , وأبى هريرة , وأبى سعيد , وعائشة , وأم سلمة , و
معاوية بن أبى سفيان , وأبى شريح , وأنس بن مالك , وجابر بن عبدالله , وابن عمر ,
وعن أبيه أبي سعيدو ويزيد بن هرمز , وأجيه عباد بن أبى سعيد , و عبدالله بن رافع
مولى أم سلمة , وسالم بن عبدالله مولى النصريين , وأبى الحاب سعيد بن يسار ,
وعبدالله بن أبى قتادة , وعبيد بن جريج , وعمر وبنسليم , وعطاء بن ميناء , و عياض
بن عبدالله بن سعد أبى سرح , وأبى سعيد مولى المهر , وأبى سلمة بن عبدالله الرحمن
, وشريك بن عبدالله بن أبى نمر , و غير هم , وروى عن كعب بن عجرة , وقيل عن رجل
عنه .
روى عنه : مالك , وابن إسحاق , ويحيى بن سعيد الأنصرى , وابن عجلان ,
وابن أبى \ئب , وعبدالحميد بن جعفر , وعبيدالله بن عمر , وعمرو بن أبى عمرو مولى
المطلب , وإسماعيل بن أميّة , وأيّوب بن موسى , و طلحة بن أبى سعيد , و عمر بن أبى
شعيب , والوليد ابن كثير , و معن بن محمد الغفارى , وابنه عبدالله بن سعيد ,
والليث بن سعد , و جماعة .
قال عبدالله بن أحمد عن أبيه : ليس به بأس .
وقال عثمان الدارمى عن ابن معين : سعيد أوثق – يعنى من العلاء بن
عبدالرحمن .
وقال ابن المدنى , وابن سعد , والعجلى , وأبو زرعة , والنسائى : ثقة
وقال ابن خراش : ثقة , جليل , أثبت الناس فيه الليث بن سعد .
وقال أبو حاتم : صدوق
وقال يعقوب بن شيبة : قد كان تغير و كبر واختلط قبل موته , يقال :
بأربع سنين , وكان شعبة يقول : حدثنا سعيد المقبرى بعد ما كبر .
وقال الواقدى : اختلط قبل موته بأربع سنين .
وقال ابن عدى : إنما ذكرته لقول شعبة هذا , وأرجو أن يكون من أهل
الصدق , وما تكلم فيه أحد إلا بخير .
وقال البخارى : روى عنه يحي بن أبى كثىر , فقال : عن أبى سعد , عن أبى
شريح
وقال ابن عساكر : قدم الشام مرابطا , وحديث بساحل بيروت
قال : وقد فرق الخطيب بين سعيد بن أبى سعيد الذي حدث بيروت , وبين
المقبرى ووهم فى ذلك
قال البجارى : مات بعد نافع
وقال نوح ابن حبيب : مات سنه (117)
وقال يعقوب بن شيبه , وغيره : مات فى أول خلافة هشام
وقال ابن سعد , وابن أبى خيثمة : مات فى آخر خلافة هشام سنة (123)
وقال أبو عبيد : مات سنة (25)
وقال خليفة : سنه (26)
قلت : وذكر الحافظ سعد الدين الحارثى أن ابن عساكر لم يصب فى توهيم
الخطيب , وصدق الحارثى قد جاء فى كثير من الروايات عن عبد الرحمن بن يزيد بن جابر
عن سعيد ابن أبى سعيد الساحلى عن أنس , والرواية التى وقعت لا بن عساكر وفيها عن
ابن جابر عن سعيد بن أبى سعيد المقبرى كأنها وهم من أحد الرواة وهو سليمان بن أحمد
الواسطى فإنه ضعيف جدًّا . وأن المقبرى لم يقل أحد : إنه يدعى الساحلى وهذا
الساحلى , غير معروف تفرد عنه ابن جابر . وقد روى ابن ماجه فى ((الجهاد))عن عيس بن
يونس الرّملى , عن محمد بن شعيب بن شابور , عن سعيد بن خالد بن أبى طويل الصيداوى
, ويقال : البيروتى عن أنس حديثا , فيحتمل أن يكون سعيد بن أبى سعيد الساحلى هو
سعيد بن خالد هذا , فقد أخرج له ابن ماجه حديثين من رواىة ابن شعيب عن ابن جابر
عنه , فيحتمل أن يكون ابن جابر سقط فى حديث سعيد بن خالد والله أعلم . وفى الرواة
سعيد بن أبى سعيد غير هذا أربعة عشر رجالاً ذكر أكثرهم الخطيب فى ((المتفق
والمفتوق )) و تركتهم تخفيفًا . وقال ابن حبان فى ((الثقات)) : اختلط قبل موته
بأربع سنين . وقال الساجى : قال ابن معين : أثبت النس فى سعيد بن أبى ذئب . وقال
ابن أبى حاتم : سألت أبى هل سمع المقبرى من عائشة ؟ فقال : لا . وذكر عبدالحق
الإشبيلى أنه لم يسمع من أم سلمة أيضا.[10]
Nama Lengkap : Sa'id bin Abi Sa'id Kaisan al-Maqburi,
Kalangan : Tabi'in kalangan pertengahan
Kuniyah : Abu Sa'ad al-Madani
Negeri semasa hidup :
Madinah
Wafat
: Bukhori -> wafat setelah Nafi’
Nuh Ibnu Habib -> wafat
tahun 117 H
Ya’qub bin Syuaibah. Dll
-> wafat di awal Khalifah Hisyam
Ibnu Sa’id : wafat akhir Khalifah Hisyam tahun 123 H Abu Ubaid :
wafat tahun 25
Khalifah : tahun 26
Ayahnya adalah seorang sekertaris untuk pembesar bani laits.
Al-MAqburi adalah nisabah kota Maqburah yang merupakan tetangga dari kota
Madinah. Adapun guru-guru beliau adalah Sa’id, Abu Hurairah, Abu Sa’id,
A’isyah, Ummu Salamah, Muawwiyah bin Abi Sufyan, Abi Syuraih, Anas bin Malik,
Jabir bin Abdullah, Ibn Amr, dan dari ayahnya Abu Sa’id, Yazid bin Hurmuz, dan
saudaranya ‘Ibad bin Abi Sa’id, Abdullah bin Rafi Maula Ummu Salmah, Salim bin
Abdullah Maula Nasriyyin, Abu Habib Sa;id bin Yasar, Abdullah bin Abu Fatadah,
Ubaid bin Juraij, Amr bin Salim, A’tha bin Mayna’, ‘Iyad bin Abdullah bin Sa’id
Abu Sarah, Abu Sa’id Maula al-Hamri, Abu Salamah bin Abdur Rahman, Syarik bin
Abdullah bin Abu Namr, dan lain-lain. Dan meriwayatkan dari Ka’ab bin U’jrah
dan perkataan dari laki-laki yang diriwayatkan.
Adapun murid-muridnya adalah Malik, Ibnu Ishaq, Yahya bin Sa’id
al-Anshari, Ibnu Ijlan, Ibnu Abi Dza’b, Abdul Hamid bin Ja’far, Ubaidillah bin
Amr, Amr bin Abi Amr Maula Muthalib, Ismail bin Umayyah, Ayyub bin Musa,
Thalhah bin Abi Sa’id, Amr bin Syuaib, Walid bin Katsir, Mu’in bin Muhammad
Al-Ghifari, Ibnu Abdillah bin Sa’id, Laits bin Sa’id, dan kumpulannya.
Komentar Ulama :
a.
Muhammad
bin Sa'd, Al 'Ajli, Ibnu al-Madini :
Tsiqah
b.
Abu
Zur'ah, An Nasa'I, Ibnu Kharasy
: Tsiqah
c.
Abu
Hatim Ar Rozy : Shaduuq
d.
Ibnu
Hajar al 'Asqalani : Tsiqah berubah sebelum matinya
e.
Usman
Ad-Darami dari Ibnu Ma’in :
Sa’id Tsiqah – yakni dari I’laq bin Abdurrahman.
f.
Abdullah
bin Ahmad dari ayahnyya
: Tidak ada yang salah
g.
Ya’qub
bin Syaibah : Telah ada
perubahan besar dan bercampur sebelum kewafatannya. Mengatakan: dalam empat tahun. Telah diceritakan Sa’id al-Maqburi setelah beliau besar.
h.
Al-Waqidi :
Bercampur sebelum wafatnya dalam empat tahun
i.
Ibnu
A’di : Sesungguhnya selalu diingat perkataanyya
Syu’bah ini, dan ahli kejujuran, dan tidak ada pembicaraan didalamnya satupun
kecuali kebaikan.
v Isma'il bin Umayyah bin 'Amru bin Sa'id bin Al 'Ash
الجزء الأوال
صفحة : 267
525 – إسماعيل بن أميّة بن عمرو بن سعيد بن العاص بن سعيد بن العاص بن
أميّة بن عبد شمس الأموى (3) , ابن عم أيّوب بن موسى (4) .
روى عن : ابن المسيّب , ونافع مولى ابن عمر , وعكرمة مولى ابن عباس ,
و سعيد المقبرى , وأبى الزبير , والزهرى , ومكحول الشامى , ومحمد بن يحي بن حيان ,
وجماعة .
وعنه : ابن جريج , والثورى , وروح بن القاسم , وأبو إسحاق الفزارى ,
وإبن إسحاق , ومعمر , ويحي بن أيّوب المصرى , ويحىي بن سليم الطّائفى , وابن عيينة
, وغيرهم .
قال على عن ابن عيينة : لم يكن عندنا قرشيان مثل : إسماعيل بن أمية ,
وأيّوب ابن موسى .
وقال أحمد : إسماعيل أكبر من أيّوب وأحت إلى , وفى رواية : أقوى وأثبت
.
وقال ابن معين , والنّسائى , وأبوزرعة , وأبو حاتم : ثقة . زاد أبو
حاتم :رجل صالح .
وقال الدّارقطى فى حديث معمر عن إسماعيل بن أمية عن عياض بن عبدالله
ابن أبى سرح عن أبى سعيد فى زكاةالفطر , خالفة سعيد بن مسلمة , عن إسماعيل بن أمية
عن الحارث بن أبى ذباب عن عياض , والحديث محفوظ عن الحارث , ولا نعلم إسماعيل روى
عن عياض شيئا .
وقال ابن سعد : كان ثقة , كثير الحديث ,مات سنة (144) . وقال غيرة :
مات سنة (139) .
قلت : هذا قول ابن حبان فى ((الثقات)) زاد : فى حبس داود بن على ,
وهكذا حكاه البخارى فى ((تاريخه)) عن بقيّة بن الوليد , وتابعه على ذلك يعقوب بن
سفيان , وإسحاق القرّاب ,والكلاباذى , وغيرهم . وقال العجلى : مكى ثقة , وفى
((صحيح مسلم)) التصريح بقول إسماعيل أخبرنا عياض ,وفيه ردّ لقول الدّارقطنى
المنتقدم . وقال الذّهلى : حدثنا على هو ابن المدينى سمعت سفيان قال :كان إسماعيل
حافظا للعلم مع ورع وصدق .
وقال الزبير بن بكار : كان فقيه أهل مكة . وقال أبو داود : مات
إسماعيل فى سجن داود .
وذكره ابن المدينى فى الطبقة الثالثة من أصحاب نافع .[11]
Nama
Lengkap : Isma'il
bin Umayyah bin 'Amru bin Sa'id bin Al 'Ash bin Sa’id bin Al-Ash bin Umayyah
bin Abd Syams al Umawi.
Kuniyah : Ayub bin
Musa
Kalangan
: Tabi'in
(tdk jumpa Shahabat)
Negeri
semasa hidup : Marur Rawdz
Wafat
: 144
H
Guru : Ibnu
Musayyib, Ibnu Amr, Ibn Abas, Sa’id al-Maqburi, Abi Zabir, Zuhri, asy-Syami,
Muhammad bin Yahya bin Hayan, dll
Murid
: Ibn
Jarij, Tsauri, Ruhwah bin Qasam, Abu Ishaq al-Fazari, Ibnu Ishaq, Yahya bin
Ayub , Yahya bin Sulaim ath-Thaiffi, Ibnu Uyainah, dll.
Komentar
Ulama
a.
Ahmad,
Ibnu Ma’in, an-Nasa’iy, : Kuat dan
Terbukti /Terpercaya
, abu Zur’ah, dan
Ibn Hibban
b.
Abu
Hatim :
Laki-Laki Sholeh.
c.
Hibas
Dawud bin Ali, Bukhari, : Tsiqat
dari Makkah
Buqayyah
bin Walid, Ya’qub bin
Sufyan, Ishaq al-Qarib, dll
d.
ad-Daraquthni
al-Muntaqim, : Hafidz Ilmu
serta Wara’ dan Jujur.
Adz Dzahabi, Ibn al-Madani, Sufyan
e.
Zubair
bin Bakar :
Ahli Fikih di Makkah
f.
Ibnu
Hajar al 'Asqalani :Tsiqah
Tsabat
g.
Ibnu
Sa’id
: Tsiqah, banyak perkataan, wafat tahun 144, dan dikatakan lainnya bahwa wafat
tahun 139.
v Yahya bin Sulaim
الجزء السبع
صفحة : 52
8857 – يحي بن
سليم القرشى الطائفى (3) , أبو محمد , ويقال : أبو زكاريا المكى الحذّاء الخراز
(ع) .
قال ابن سعد :
طائفى , سكن مكة .
روى عن : عبيد
الله بن عمر العمرى , وموسى بن عقبة , وداود بن أبى هند , وابن جريج , وإسماعيل بن
أمية , وعبدالله بن عثمان بن خثيم و وعثمان بن الأسود , وعثمان ابن كثير , والثورى
, وعمران القصير , وغيرهم .
روى عنه : وكيع
– وهو من أقرانه , والشافعى , وابن المبارك – ومات قبله , وأبو بكر ابن أبى شيبة ,
وبشر بن عبيس , وإسحاق بن راهوية , والحميدى , وقتيبة , ومحمد بن يحي بن أبى عمر ,
و هشام بن عمار , والحسين بن حريث , ويوسف بن محمد العصفرى , ومحمد بن عبدالله
الملك بن أبى الشوارب , و أحمد بن عبدة الضبى , والحسن ابن محمد الزعفرانى ,
والحسن بن عرفة , وآخرون .
قال الميمونى عن
أحمد بن حنبل : سمعت منه حديثا واحدا .
وقال عبدالله بن
أحمد عن أبيه : يحي بن سليم كذا وكذا , والله إن حديثة يعنى فيه شئ , وكأنه لم
يحمده .
وقال فى موضع
آخر : كان قد أتقن حديث ابن خثيم , فقلنا له : أعطنا كتابك , فقال : أعطونى رهنا .
وقال الدورى عن
ابن معين : ثقة .
وقال ابن سعد :
كان ثقة , كثير الحديث
وقال النّسائى :
ليس به بأس , وهو منكر الحديث عن عبيد الله بن عمر
قال الدوالابى :
ليس بالقوى
وذكره ابن حبان
فى ((الثقة)) وقال : يخطئ , مات سنة ثلاث أو أربع وتسعين ومائة.
وقال البخارى عن
أحمد بن محمد بن القسم بن أبى برزة : مات سنة خمس وتسعين , وهو مكى , كان يختلف
إلى الطائف فنسب إليه .
قلت : وقال
لبشافعى : فاضل , كان نعده من الأبدال .
وقال العجلى :
ثقة
وقال يعقوب بن سفيان
: سنى , رجل صالح , وكتابه لا بأسبه , وإذا حديث من كتابه فحديثه حسن , وإذا حدث
حفظا فتعرف وتنكر
وقال النسائى فى
((الكنى)) : ليس بالقوى .
وقال العقيلى :
قال أحمد بن حنبل : أتيه فكتبت عنه شيئًا , فرأيته يخلط فى الأحاديث فتركته وفيه
شئ . قال أبو جعفر : ولين أمره .
وقال الساجبى :
صدوق , يهم فى الحديث , وأخطأ فى أحاديث رواها عبيدالله بن عمر لم يحمده أحمد .
وقال أبو أحمد
الحاكم : ليس بالحافظ عندهم
وقال الدارقطنى
: سيئ الحفظ
وقال البخارى فى
((تاريخه)) فى ترجمة عبدالرحمن بن نافع : ما حدث الحميدى عن يحي بن سليم فهو صحيح
. [12]
Nama
Lengkap : Yahya bin
Sulaim
Kalangan : Tabi'ut
Tabi'in kalangan biasa
Kuniyah
: Abu
Muhammad
Negeri
semasa hidup : Marur Rawdz
Wafat
: 193 H
Guru-gurunya :
Abdullah bin Amr al-Amr, Musa bin ‘Atiyah, Dawud bin Abu Hindun, Ibnu Juraij,
Ismail bin Umayah, Abdullah bin Utsman bin Hatim dan Utsman bin Aswad, dan
Utsman bin Katsir, dan Tsauri, Amron al-Qusri, dll
Murid :
asy-Syafi’I, Ibn Mubarak, dan wafat setelahnya, Abu Bakar bin Abi Syaibah,
Bisyri bin Abas, Ishaq bin Ruwaihah, al-Hamidi, Qutaibah, Muhammad bin Yahya
bin Abi Amr dan Hisyam bin Amr, Husain bin Harits, Yusuf bin Muhammad ‘Asfari,
Muhammad bin Abdullah Malik bin Abi Sywarib, Ahmad Ibad, Hasan bin Muhammad
Ghafarani, HAsan bin ‘Urfah, dll
Komentar
Ulama
a.
Yahya
bin Ma'in :Tsiqah
b.
An
Nasa'i :Laisa bihi ba`s
c.
Ibnu
Hibban :Disebutkan
dalam 'Ats Tsiqaat
d.
Al
'Ajli :Tsiqah
e.
As
Saji :Shaduuq
f.
Ad
Daruquthni :Buruk
hafalan
g.
Ibnu
Hajar al 'Asqalani : Shaduuq,
Buruk Hafalannya
h.
Adz
Dzahabi :
Tsiqah
v Yusuf bin Muhammad
الجزء السبع
صفحة : 247
9216 – يوسف بن محمد العصفرى (2) , أبو يعقوب الخراسانى , نزيل البصرة
(خ) .
روى عن : الثورى , ومروان بن معاوية , ويحي بن سليم الطائفى
وعنه : البخارى , وحرب بن إسماعيل الكرمانى – وكناه , وسعيد بن
عبدالله ابن أبى عبدالرحمن الفراء البصرى .
قال الآجرى عن أبى داود :ثقة [13]
Nama Lengkap : Yusuf bin Muhammad
Kalangan : Tabi'ul Atba' kalangan tua
Kuniyah : Abu Ya'qub
Negeri semasa hidup : Bashrah
Guru-Gurunya : ats-Tsauri, Marwan bin Muawiyah,
Yahya bin Salim ath-Thaifi
Murid-muridnya : Bukhari, Harb bin Ismail al-Karmani,
Sa’id bin Abdullah bin Abi Abdurrahman al-Fara’ al-Bashri
Komentar Ulama
a.
Abu
Daud :Tsiqah
b.
Ibnu
Hajar al 'Asqalani :Tsiqah
c.
Adz
Dzahabi :Tsiqah
d.
Ajri
dari Abu Dawud : Tsiqat
I.
Matan
Hadis
a.
Berdasarkan
Bab
(Al-Ijarah)
-
Pilih
Imam : Bukhari
-
Pilih
Kitab : Al-Ijarah (sewa menyewa dan
jasa)
-
Pilih
Bab : Dosa bagi orang yang menahan
bayaran buruh
( إثم من منع أجرالأجير )
(Al-Buyu’)
-
Pilih
Imam :Bukhari
-
Pilih
Kitab : Al-Buyu’ (Jual Beli)
-
Pilih
Bab : Dosa orang yang menjual
khamer
(إثم من باع حرا)
b.
Berdasarkan
Kumpulan
(Al-Ijarah)
-
Pilih
Hadits Qudsi
-
Muncul
Daftar Hadis Qudsi
-
Pilih
No.Hadits : 2109
Sumber : Bukhari
Bab Indonesia : Dosa bagi orang yang menahan bayaran buruh
Bab Arab : إثم من منع أجرالأجير
(Al-Buyu’)
-
Pilih
Hadits Qudsi
-
Muncul
Daftar Hadis Qudsi
-
Pilih
No.Hadis : 2075
Sumber : Bukhari
Bab Indonesia : Dosa orang yang menjual khamer
Bab Arab : إثم
من باع حرا
c.
Berdasarkan
Cari Kata
-
Pencarian
Indonesia
Kata kunci
“Mengingkari”
·
Kategori
Pencarian : Bukhari
·
Kitab
Bukhari ditemukan berjumlah 44 hadits -<-
di klik
·
Pilih
No.Hadits : 2109
Sumber : Bukhari
Bab
Indonesia : Dosa bagi
orang yang menahan bayaran buruh
Bab
Arab : إثم من منع أجرالأجير
-
Pencarian
Arabic
Kata kunci "غدر"
·
Kategori
Pencarian : Bukhari
·
Kitab
Bukhari ditemukan berjumlah 24 Hadits –<
di klik
·
Pilih
No.Hadits : 2109
Sumber : Bukhari
Bab
Indonesia : Dosa bagi orang yang
menahan bayaran buruh
Bab
Arab : إثم من منع أجرالأجير
d.
Berdasarkan
Indeks
-
Pilih
Muamalat
-
Cari
Halaman : 13
No.Hadis : 2109
Sumber : Bukhari
Bab
Indonesia : Dosa bagi orang
yang menahan bayaran buruh
Bab
Arab : إثم من منع أجرالأجير
e.
Berdasarkan
Kitab
-
Pilih
Kitab Bukhari
-
Berdasarkan
Nomor Hadis
Cari Nomor : 2109
Klik Icon Buku
/ Kitab Terbuka
-
Berdasarkan
Daftar Hadis
Cari Halaman : 85
Pilih No.Hadis : 2109
Sumber : Bukhari
Bab
Indonesia : Dosa bagi orang
yang menahan bayaran buruh
Bab Arab :
إثم من منع أجرالأجير
II.
Rawi
Hadis
a.
Abdur
Rahman bin Shakhr
-
Pilih
Daftar Rawi
-
Klik
Kata Kunci
-
Tulis
Nama Rawi (Abdur Rahman bin Shakhr)
-
Klik
Cari
-
Pilih
Abdur Rahman bin Shakhr kalangan Shahabat
-
Muncul
Biografi Singkatnya
b.
Sa'id
bin Abi Sa'id Kaisan
-
Pilih
Daftar Rawi
Klik Details
(Nama : Sa'id bin Abi Sa'id Kaisan
Nama
Kuniah : Abu Sa’ad
Kalangan : Tabi’in kalangan Pertengahan)
-
Klik
Cari
-
Muncul
Biografi Singkatnya
c.
Isma'il
bin Umayyah bin 'Amru bin Sa'id bin Al 'Ash
-
Pilih
Daftar Rawi
-
Klik
Kata Kunci
-
Tulis
Nama Rawi (Isma'il bin Umayyah bin 'Amru bin Sa'id bin Al 'Ash)
-
Klik
Cari
-
Muncul
Biografi Singkatnya
d.
Yahya
bin Sulaim
-
Pilih
Daftar Rawi
-
Klik
Kata Kunci
-
Tulis
Nama Rawi (Yahya bin Sulaim)
-
Klik
Cari
-
Pilih
Yahya bin Sulaim, nama Kuniyah : Abu Muhammad
-
Muncul
Biografi Singkatnya
e.
Yusuf
bin Muhammad
-
Pilih
Daftar Rawi
-
Klik
Kata Kunci
-
Tulis
Nama Rawi (Yusuf bin Muhammad)
-
Klik
Cari
-
Pilih
Yusuf bin Muhammad, nama Kuniyah : Abu Ya’qub
-
Muncul
Biografi Singkatnya
Atau dapat melihat secara ringkas, biografi perawi dengan cara :
-
Klik
Shahih Bukhari
-
Tulis
Nomor Hadis
-
Pilih
Icon Kitab Terbuka
-
Klik
Perawi
-
Muncul
Biografi dan Komentar Ulama
-
Jika
ingin memilih Rawi lainnya, klik Nama Rawi di Jalur Sanad
DAFTAR PUSTAKA
al-Bukhari, Abu ‘Abdullah Muhammad
ibn Ismail bin Ibrahim bin al-Mugirah bin Bardizbah al-Ju’fi. Sahih
al-Bukhari.
al-Hafiz, Abu Abdullah Muhammad bin Yazid bin
Majah al-Rubay’iy al-Qazwiniy. Sunan Ibn Majjah.
al-Nabhani, Yusuf. Al-Fath al-Kabir fi Dhamm
al-Ziyadah ila al-Jami al-Shagir.
al-Syaibany, Ahmad bin Muhammad ibn Hanbal. Musnad
Ahmad bin Hanbal.
Muhammad, Syihab ad-Din Abi Fadl Ahmad bin Ali
bin. Tahdzib at-Tahdzib Rijal al-Hadis.
Syarikah Shakhr Libarmij al-Hasib. Mausu'ah
al-Hadis al-Syarif al-Kutub al-Tis'ah.
Wensink, A.J. Al-Mu'jam Al-Mufahras Li Alfadz
Al Hadis An-Nabawi.
Lidwa Pusaka i-Software, Kitab 9 Imam Hadits
[1]
Lidwa Pusaka i-Software, Kitab 9 Imam Hadits
[2] Yusuf
al-Nabhani, Al-Fath al-Kabir fi Dhamm al-Ziyadah ila al-Jami’ al-ShagirJuz
II , hlm.52
[3] A.J. Wensink, Al-Mu’jam
Al-Mufahras Li Alfadz Al-Hadits An-Nabawi Juz IV, hlm.460
[4] Abu ‘Abdullah
Muhammad ibn Ismail bin Ibrahim bin al-Mugirah bin Bardizbah al-Ju’fi
al-Bukhari, Sahih al-Bukhari, hlm.397
[5]
Abu ‘Abdullah Muhammad ibn Ismail bin Ibrahim bin al-Mugirah bin Bardizbah
al-Ju’fi al-Bukhari, Sahih al-Bukhari, hlm.405
[6]
Abu Abdullah Muhammad bin Yazid bin Majah al-Rubay’iy al-Qazwiniy al-Hafiz, Sunan
Ibn Majah Juz II , hlm.816
[7] Ahmad bin
Muhammad ibn Hanbal al-Syaibany, Musnad Ahmad bin Hanbal Juz III,hlm.40
[8]
Lidwa Pusaka i-Software, Kitab 9 Imam Hadits
[9]
Syarikah Shakhr Libarmij al-Hasib,dkk, Mausu’ah al-Hadits al-Syarif al-Kutub
al-Tis’ah Juz II, hlm.418
[10]
Syihab ad-Din Abi Fadl Ahmad bin Ali bin Muhammad, Tahdzib at-Tahdzib Rijal
al-Hadis Juz II, hlm.647
[11]
Syihab ad-Din Abi Fadl Ahmad bin Ali bin Muhammad, Tahdzib at-Tahdzib Rijal
al-Hadis Juz I, hlm.267
[12]
Syihab ad-Din Abi Fadl Ahmad bin Ali bin Muhammad, Tahdzib at-Tahdzib Rijal
al-Hadis Juz VII, hlm.52
[13]
Syihab ad-Din Abi Fadl Ahmad bin Ali bin Muhammad, Tahdzib at-Tahdzib Rijal
al-Hadis Juz IV, hlm.247
[14]
Lidwa Pusaka i-Software, Kitab 9 Imam Hadits
Jazakillah pisan pokoknya. Izin copast yah, untuk makalah Hadits saya.
BalasHapus